Rabu, 19 Januari 2011

“Kekasihnya bernama insomnia”

Oleh: Irma Tazkiyya

Sinar matahari itu, melepas kehangatannya bersama perjalananku menuju gedung DPR RI. Perjalananku pun tidak sendirian, aku bersama seorang teman se-ikatan memakai sepeda motornya yang kalau tidak salah berwarna merah. Aku dan dia punya tujuan khusus mendatangi gedung yang katanya disebut tempat orang-orang yang mewakili rakyat Negri ini. entah benar-benar mewakili rakyat atau malah mewakili dirinya sendiri atau kepentingan kelompoknya. Ah sudahlah, aku menulis ini bukan untuk membahas orang-orang yang duduk di gedung itu, melainkan aku ingin menceritakan tentang kekasihnya, kekasih teman ku yang menurut pengakuannya sudah lama menghantui dirinya saat kedinginan malam menghampirinya.
Sebelum aku menceritakan siapa kekasihnya, aku akan coba sedikit mendeskripsikan temanku ini, yang memilih kekasihnya dibandingkan tidur nyenyak pada malam hari setelah siang hari nya berkutat dengan berbagai macam fenomena kehidupan. Temanku ini, mempunyai tinggi badan yang cukup untuk seorang laki-laki, tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu pendek, kulit nya cukup gelap.. hee, baik, terkadang kulihat kepolosan diraut wajahnya yang entah itu dibuat-buat atau memang benar dia seorang yang polos. Ahh, aku sangat tidak yakin kalau dia benar-benar polos. Dia cukup cerdas, setia kawan, dan yang terpenting dia setia dengan ikatan organisasinya, tetapi aku pun tidak terlalu suka dengan kekasihnya, aku yakin dia juga ingin melupakan kekasihnya itu, dan tugas ku sekarang adalah membantunya untuk melupakan kekasihnya yang selama ini mengisi malam-malamnya.
Aku mengetahui kekasihnya, karena dia sendiri cerita padaku. Sejujurnya dia ingin melupakan kekasihnya itu, tetapi sungguh sangat sulit melupakannya. Aku pun menawarkan diri untuk membantu melupakan kekasihnya. Sebenarnya, dia tidak pernah bilang kalau yang mengisi malam-malam nya sampai ia sulit tidur itu adalah kekasihnya. Tetapi, aku menyimpulkan sendiri bahwa yang dimaksud adalah seorang kekasih. Apa lagi kalau bukan kekasih, jika dia sangat betah berlama-lama tidak tidur semalaman dan dampaknya dia baru bisa tidur jam 7 pagi dan bangun sekitar jam 12 siang. Ahh, bukankah itu menjadi kebiasaan buruk untuknya. Awalnya diri senidiri yang membentuk kebiasaan, selanjutnya kebiasaaan yang akan membentuk diri kita. Alangkah bagusnya kalau kebiasaan positif yang nantinya membentuk karakter diri, tetapi alangkah meruginya kalau kebiasaan negatif yang membentuk diri, seperti kebiasaan tidak tidur malam hari dan paginya baru bisa tidur.
Awal perjalananku dengan nya, sampai dia menceritakan kekasihnya, aku berjanji akan membantu membuatkan resep untuk kebiasaannya bersanding dengan kekasinya itu pada malam hari. Kebiasaan buruk yang harus diobati, dan aku berjanji untuk membantu menolong nya. Dua minggu lebih setelah aku mengetahui kekasihnya dan berjanji untuk membuat resep melupakan kekasihnya itu, dia menuntut ku; “ka, mana resepnya? Katanya mau dibuatin”, ohh, maaf saya benar-benar lupa, kataku membela diri. Sungguh aku benar-benar lupa untuk membuat resep untuknya tetapi sekarang aku akan menuliskan beberapa tips untuk membuat ia lupa dengan kekasihnya.
Sebelum, aku menulis resep ini, aku akan sedikit memperkenalkan diriku. Aku adalah mahasiswi ilmu keperawatan. Ahh, aku lupa sekarang bukan mahasiswi lagi, aku baru saja melalui sidang skripsi dan sekarang dibelakang nama ku bisa ditambah dengan S. Kep. Berat rasanya mengetahui sudah jadi sarjana keperawatan, semoga ilmu yang aku dapat selama 4 tahun duduk dibangku kuliah bisa bermanfaat untuk banyak orang. Amin.
Ini perkenalan singkat tentang diriku, sekarang kembali membahas kekasihnya. Dia mengaku sulit sekali untuk tidur, entah kenapa alasannya tidak terlalu jelas atau memang aku belum mengkaji lebih jauh penyebab ia sulit tidur pada malam hari. Analisa ku lebih dari seminggu dia sulit untuk ‘mengujungi’ dunia mimpi pada malam hari. Kelainan tidur bisa dikenali dari tidak dapat tidur dimalam hari atau sering terbangun meski baru tidur sebentar dan tidak dapat tidur lagi kembali. Masalah ini, biasa kami para team medis menyebutnya dengan insomnia.
Insomnia dapat mempengaruhi kualitas hidup dirinya. Kurangnya waktu tidur bisa membuatnya merasa mengantuk sepanjang hari, merasa senewen karena kurang tidur, dan stres. Penyebab insomnia dari waktu ke waktu biasanya disebabkan stres jangka pendek. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga berminggu-minggu. Tapi, biasanya akan membaik kurang dari satu bulan. Hampir 50 persen pengidap insomnia biasanya disebabkan masalah tidur dan 14 persen diakibatkan penggunaan pil tidur.
Namun, masalah tidur ini dapat menjadi masalah serius bila dialami hingga berbulan-bulan. Kondisi ini bisa digolongkan sebagai Insomnia Kronik. Gejalanya, berupa depresi dan nyeri kronis. Insomnia jenis ini jarang terjadi. Biasanya menyerang 10 persen hingga 15 persen orang dewasa. Lantas apa penyebab insomnia? Penyebab kurang tidur yang dialaminya. Aku sangat menyesal tidak mengkaji lebih lanjut penyebab kurang tidur atau susah sekali dia tidur pada malam hari. Aku pun mencoba me-recall kembali bacaan ku terkait insomnia. Beberapa penyebab insomnia antara lain, pertama, stress, hal ini bisa disebabkan ketakutan terhadap satu kejadian, seperti khawatir akan beban pekerjaan atau masalahnya. Kedua, kebiasaan tidur tidak sehat, misalnya; menonton televisi di tempat tidur. Ketiga, perubahan kebiasaan tidur dan lingkungan, seperti; suara, cahaya atau tidur dengan kasur berbeda. Ke empat, nyeri tubuh, kelelahan dan permasalahan bernafas. Ke lima, mengkonsumsi stimulus yang menyebabkan susah tidur, seperti tembakau, kafein dan obat-obatan.
Sekarang aku baru ingat, bukankah dia perokok aktif. Inilah salah satu faktor kenapa dia tidak ataupun sulit untuk tidur, dan sebelum mengobati masalahnya harus dihilangkan dulu atau dikurangi secara perlahan faktor pencetus sulit nya dia untuk tidur. Aku akan coba menawarkan solusi tanpa obat agar kelainan tidur ini tidak menjadi kronis. Pertama, mulailah mengatur pola tidur setabil mungkin. Tidur dan bangun diwaktu yang sama setiap harinya, tak terkecuali dihari libur. Biasakan menempati jadwal agar pola tidurnya menjadi normal. Kedua, hindari mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein dari sore hingga waktu menjelang tidur. Selain itu, stop merokok karena nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menjadi stimulant, yang bisa membuatnya terjaga. Ketiga, berolahraga teratur. Jika tubuh lelah akan mudah tertidur. Tetapi ingat jangat berolahraga saat menjelang tidur. Ke empat, gunakan ranjang hanya untuk tidur, jangan biasakan diri melakukan aktifitas lain seperti makan atau bekerja, hal ini berguna untuk membuatnya terbiasa berbaring diatas ranjang, maka itulah saatnya tidur. Kelima, melakukan relaksasi, bisa mencoba yoga atau meditasi. Hal ini membantu lebih rileks dan nyaman. Inilah lima tips untuk melupakan kekasih nya atau insomnia nya. Bisakah dirinya mengubah kebiasaan itu dan mencoba tips ini. aku berdoa untuk perubahan kebiasaannya.
Lantas bagaimana jika tips yang kutulis diatas sulit untuk dilakukan, kalau memang sulit aku akan kasih resep obat tradisional untuknya. Resep ini kulihat diberbagai referensi buku maupun majalah dan termudah bisa dicari melalui internet. Pertama coba memakan 1 buah pisang masak dipotong-potong ditambah havermuht secukupnya dan satu gelas susu direbus sebentar, seteh agak dingin baru dimakan. Resep kedua, coba mencari kaktus ambil sekitar 60 gram kemudian dukupas kulitnya dan dipotong-potong selanjutnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah itu airnya diminum selagi hangat. Resep ketiga, makan kangkung cukup banyak yang sudah ditumis atau direbus niscaya akan mudah mengantuk. Resep keempat untuk yang susah tidur, adalah 20 gram daun kangkung diiris halus tambahkan 450 cc air, ditambah 10 gram biji jintan, 10 gram ketumbar, 15 gram asam trengguli dan 30 gram daun pegagan. Semua bahan untuk resep keempat ini direbus dan digunakan sebagai minuman setiap hari. Usahakan bisa mandi sinar matahari dibawah jam 10 pagi dan sesudah 4 sore. Terapi ampuh lainnya adalah mandi dengan air hangat serta banyak makan buah terutama papaya dan jeruk.
Inilah beberapa resep untuk menghilangkan kekasihnya yang tidak lain adalah seorang insomnia. Aku berharap tips awal yang ku tulis bisa dilakukannya tanpa menggunakan ramuan tradisional apalagi obat kimia. Hindarilah pemakaian obat dengan jangka waktu yang lama jika hanya ingin bisa tidur pulas pada malam hari. Ingat obat itu ibarat ‘racun’ bisa mengobati tetapi mempunyai efek samping lainnya. So, biasakan hidup sehat dari sekarang yah. Selamat mencoba.!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar